Selasa, 21 Juni 2011

Hobi yang Dapat Mengganggu Kesehatan Manusia

Profesor kesehatan lingkungan dari Universitas Salford Dr. Lisa Ackerley menyebutkan beberapa hobi yang perlu diwaspadai karena mengancam kesehatan.

1. Memasak

[IMG]

Bakteri yang biasa ditemui saat memasak biasanya disebabkan karena Anda lupa membersihkan tangan. Menyentuh ayam mentah, papan pemotong dan pisau misalnya dapat menyebarkan bakteri Campylobacter dan menyebabkan 300.000 kasus penyakit makanan.

2. Berkebun



Berkebun berisiko terkena parasit toxocarosis yang ditularkan dari hewan ke dalam tanah. Dalam kasus berat, infeksi dapat mengakibatkan masalah mata, paru-paru, hati, jantung atau bahkan lesi otak.

3. Belanja
[IMG]

Hampir semua perempuan saat ini gila belanja. Tanpa disadari MRSA dan virus dapat bersembunyi dibalik pegangan pintu atau perangkat lainnya di dalam pusat perbelanjaan.
.
4. Makan malam dan minum-minum



Keluar di malam hari sebenarnya sarat akan kuman. Tangan bersentuhan dengan segala sesuatu, mulai dari kacang, gelas bahkan berjabat tangan. Berjabat tangan dapat menyebabkan penularan kuman dari orang ke orang berikutnya.

5. Hewan peliharaan


Hewan memang bisa menjadi teman terdekat, tapi mereka juga musuh terburuk untuk tangan Anda. Memberi makan, membelai atau menyentuhnya bisa menularkan parasi jahat dan bakteri penyebab diare.

6. Game komputer


Ada banyak bakteri dan kuman yang hinggap dalam keyboard atau mouse Anda seperti Staphylococcus aureus dan virus yang dapat menyebabkan gejala seperti infeksi kulit dan diare.

7. Berkemah


Berkemah membawa risiko penyebaran kuman e-coli yang dapat menyebabkan kram perut, diare, mual dan dalam kasus yang parah bisa menyebabkan kematian.

8. Gym


Gym yang dianggap tempat paling sehat bisa menyimpan bakteri seperti Staphylococcus aureus dan virus pada alat-alatnya dan di kamar ganti. Ini dapat menyebabkan penyakit seperti infeksi kulit dan flu.

9. Bowling



Kuman seperti Salmonella dan Escherichia coli bisa berlama-lama dalam lubang jari dan berkembang biak pada ujung jari dan di bawah kuku jari. Jika pemain sebelumnya lupa mencuci tangan setelah dari toilet, maka siapa yang tahu berapa banyak kuman di dalam lubang jari tersebut.

10. Menari



Siapa yang mengira menari memiliki sisi tersembunyi yang berbahaya. Tangan basah karena keringat adalah tempat perkembangbiakan sempurna untuk bakteri seperti Shigella yang dapat menyebabkan gastroenteritis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar